Jumat, 18 Oktober 2013

Cara Menaikkan Trombosit Secara Alami

Penyebab utama di balik jumlah trombosit yang rendah dalam darah adalah karena adanya masalah pada sumsum tulang seperti anemia aplastik dan leukemia - infeksi virus juga dapat mengganggu kemampuan sumsum untuk menghasilkan trombosit. Penyebab lain rendahnya jumlah trombosit  termasuk kehamilan, bakteri dalam darah, penggunaan obat, penyakit autoimun dan sindrom uremik hemolitik. Jumlah trombosit yang rendah menimbulkan berbagai resiko seperti pendarahan seperti pada penderita gangguan  idiopatik thrombocytopenia purpura

Mengkonsumsi banyak buah-buahan, sayuran dan biji-bijian seperti jeruk, sayuran berdaun hijau, biji rami, tomat, beri, jeruk nipis, jus daun pepaya dan buah kiwi adalah cara menaikkan trombosit yang paling alami. Makanan lain yang sangat baik untuk dikonsumsi untuk meningkatkan jumlah trombosit termasuk apel, bit, daging merah, labu pahit dan kulit kentang. Konsumsi minyak ikan salmon yang kaya akan omega 3 untuk melancarkan aliran darah.  Mengkonsumsi makanan ini setiap hari, menjaga trombosit anda tetap normal meskipun setelah beberapa hari.

Mengurangi (jika anda tidak bisa menghilangkan sama sekali) alkohol, minuman soda, gula putih dan makanan olahan lainnya untuk menjaga produksi trombosit dalam tubuh. Mengurangi asupan alkohol adalah paling penting karena alkohol memperlambat produksi trombosit.

Tidur selama tujuh sampai delapan jam setiap hari  dan menghindari tidur larut malam. Menghindari makan dan minum yang mengganggu kemampuan tubuh untuk beristirahat, karena tubuh terlalu bayak mengeluarkan energi untuk mnegolah makanan tersebut
.

Berolahraga ringan secara teratur. Lakukan latihan kekuatan serta latihan cardio, yang membuat darah mengalir dengan baik selain manfaat kesehatan lain, sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hindari olahraga berat ketika mencoba untuk meningkatkan trombosit untuk mencegah kemungkinan cedera dan perdarahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar